Jackup Mærsk Giant akhirnya resmi dijual ke LOTOS Petrobaltic

Jackup Rig Mærsk Giant
Img: worldoil
Maersk Drilling akhirnya resmi menyelesaikan penjualan jack-up rig Maersk Giant ke LOTOS Petrobaltic Group. Pemilik baru akan menggunakan rig ini untuk pengeboran semata-mata di Laut Baltik, untuk pekerjaan yang melibatkan Grup Petrobaltic LOTOS dan pihak kontraktor lainnya.

Menurut CFO baru Maersk Drilling, Jesper Ridder Olsen, Setelah meninjau berbagai opsi, mereka meyakini bahwa penjualan Giant menciptakan nilai pemegang saham tertinggi. Rig ini dibangun pada tahun 1986 dan penjualan tersebut merupakan bagian dari optimalisasi armada kami sejalan dengan prioritas strategis kami untuk mempertahankan armada aset modern yang berkualitas tinggi.

Maersk Drilling adalah perusahaan yang bergerak di industry offshore oil & gas, merupakan salah satu anak perusahan raksasa maritim Denmark yang cukup terkenal, A.P. Moller-Maersk Group yang juga merupakan induk dari Maersk Line, perusahaan yang mengoperasikan banyak kapal kontainer dengan rute pelayaran menembus 116 negara.

Salah satu kapal milik Maersk yang cukup familiar bagi pelaku industry pelayaran adalah MV.Maersk Alabama, dimana pada 8 April 2009 telah terjadi pembajakan kapal tersebut oleh empat perompak di Samudera Hindia merebut MV Maersk Alabama di 240 mil laut tenggara Eyl, Somalia. Pengepungan berakhir setelah upaya penyelamatan dilakukan oleh pasukan Angkatan Laut AS pada 12 April 2009.
Kisah ini menjadi cukup fenomenal setelah diangkat ke layar kaca oleh Paul Greengrass yang menyutradarai film "Captain Phillips" drama thriller Amerika Serikat tahun 2013, dimana Capt.Phillips adalah nahkoda MV.Maersk Alabama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar