Cara Mendapatkan Lowongan Kerja Pelayaran Surabaya

Jembatan surabaya suramadu namanya
Jika Anda merupakan alumni dari satu sekolah tinggi pelayaran yang sedang mencari lowongan kerja pelayaran Surabaya. beberapa langkah berikut ini dapat membantu sebagai tips agar cepat mendapatkan pekerjaan di pelayaran baik bagi pemula dan yang belum on board .

Tips Mendapatkan Lowongan Kerja Pelayaran Surabaya

1. Persiapkan Curriculum Vitae (CV)
Mulanya persiapkan CV yang berisi pengalaman berlayar di kapal apa dan bekerja sebagai apa. Jika Anda telah memiliki pengalaman kerja di kapal maka perusahaan tersebut akan mudah menilai sehingga menerima Anda sebagai pekerja. Jangan lupa untuk mengisi dengan keadaan sebenarnya agar Anda terus dipercaya oleh pihak perusahaan.

2. Cari Alamat Perusahaan
Kemudian carilah informasi mengenai perusahaan pelayaran yang sedang membuka lowongan. Ada baiknya jika kamu mencari lowongan sesuai dengan lokasi tempat tinggal misalnya lowongan kerja pelayaran di Surabaya dan lainnya. Perusahaan pelayaran yang dicari bisa berupa perusahaan lokal maupun asing. Anda dapat menanyakan kepada rekan atau internet untuk mendapatkan informasi yang lebih luas. Kemampuan berbahasa Inggris bagi seorang pelayar juga harus dikuasai paling tidak sedikit-sedikit karena akan memudahkan ketika bekerja di perusahaan pelayaran kapal asing.

3. Kirim CV
Setelah Anda membuat CV semenarik mungkin seterusnya kirimkan ke perusahaan-perusahaan yang telah Anda survey dan tanyakan kepada rekan. Tunggu hasilnya dipanggil atau tidak, diterima atau tidak, semuanya akan dikabarkan hingga waktunya tiba. Dari sekian banyak perusahaan yang Anda lemparkan lamaran, usahakan agar ada satu perusahaan yang menerima lamaran kerja Anda.

4. Waspada Broker
Andai saja Anda ingin menggunakan jasa broker, sebaiknya berhati-hati terlebih dengan janji manis yang diiming-imingkan. Tanyakan terlebih dahulu berapa banyak uang cas yang diperlukan, jika uang cas yang diperlukan terlalu banyak sehingga dinilai tidak wajar, maka jangan pernah memberi uang sepeserpun sebelum Anda naik. Karena telah banyak korban penipuan dari beberapa broker yang sangat tidak bisa dipercaya dengan meminta uang di muka.
Jika saja Anda tidak memiliki uang cas untuk diberikan, mintalah gaji untung dipotong kepada si broker tersebut. Berbeda lagi kalau Anda bekerja di perusahaan pelayaran asing, mintalah terlebih dahulu LJ atau LG baru kemudian Anda berikan uang cas.

5. Jangan Jadi Pemilih melulu
Setelah Anda mendapatkan panggilan dari perusahaan pelayaran yang menerima lamaran, maka jangan jadi pemilih lagai, terima saja pekerjaan tersebut. Hal terpenting saat ini adalah pengalaman kerja yang akan Anda dapatkan. Jika saja nanti Anda tidak betah bekerja di perusahaan tersebut, carilah pekerjaan lain setelah satu tahun maupun enam bulan bekerja. Anda dapat mencari lowongan kerja pelayaran Surabaya, Jakarta dan kota lain sebagainya sesuai keinginan Anda. Akan terasa lebih mudah saat Anda telah memiliki pengalaman. Karena pada dasarnya, pekerjaan sebagai pelayar akan selalu tersedia selama laut masih ada.

Bagi Anda yang ingin lolos interview kerja pelayaran, jangan merasa gugup karena di bawah ini ada beberapa tips untuk menghadapi interview. Interview merupakan salah satu syarat penerimaan suatu pekerjaan.
    √ Persiapkan fisik dan mental dengan cara tidur yang cukup dan tanamkan rasa percaya diri. Hal ini berguna agar Anda terlihat segar bugar saat interview. Waktu panggilan untuk interview sangat lama, ditambah antrian yang panjang. Dengan Anda menjaga kesehatan fisik dan mental maka akan penampilan menarik di mata penguji saat interview.
    √ Tulislah sedikit catatan kecil terkait pertanyaan yang akan ditanyakan saat interview berlangsung. Lakukan latihan interview dengan modal catatan tersebut.
    √ Utamakan kedisiplinan dengan datang tepat waktu atau lebih cepat dari jam interview sekitar 20 menit agar Anda dapat beradaptasi dan menenangkan diri dengan situasi menegangkan tersebut.
    √ Berikan kesan yang baik saat interview berlangsung, utamakan penampilan yang rapi karena kesan pertama itu penting. Jangan terlalu banyak bicara dan jawab pertanyaan dengan lugas.
    √ Jaga sikap, jangan terlalu bersemangat sehingga Anda akan melewati batas nantinya.

Nah, itulah beberapa langkah dan juga tips bagi alumni pelayaran yang ingin mencari lowongan kerja pelayaran Surabaya. Semoga dapat membantu sedikit banyaknya dan menambah rasa percaya diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar