Perusahaan Pelayaran di Indonesia

perusahaan pelayaran indonesia
Yuk Mengenal Dunia Pelayaran untuk Masuk Perusahaan Pelayaran di Indonesia. Indonesia memang terkenal akan negara kepulauan terbesar di dunia, oleh karena itu Indonesia memiliki sebuah potensi dalam bidang kemaritiman. Untuk itu banyak perusahaan pelayaran di Indonesia yang berlomba-lomba untuk mengembangkan perindustrian yang bergerak dalam bidang perkapalan dan perikanan simak ulasan untuk lebih mengenal dunia pelayaran berikut ini.

1. Mengetahui apa itu perusahaan pelayaran

Untuk anda yang belum paham apa itu perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayaran? Disini saya akan sedikit membahas mengenai dunia pelayaran. Perusahaan pelayaran adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha industri yang menyediakan transportasi laut, biasanya seseorang yang membutuhkan transportasi laut digunakan untuk memindahkan barang yang dilakukan di perairan.

Perusahaan pelayaran di Indonesia dibagi menjadi dua pelayaran niaga dan pelayaran non niaga. Pelayaran niaga biasanya dilakukan untuk shipping business, marchant marine. Sedangkan pelayaran non niaga bisa dikategorikan dalam trayek yang akan dilayari contohnya pelayaran nasional dan pelayaran internasional.
Indonesia memang terkenal akan Negara maritim, namun sampai detik ini kegiatan bisnis pelayaran di Indonesia masih didominasi oleh pelayaran asing, padahal kita bisa menjadi tuan rumah di Negara sendiri agar kekayaan alam Negara kita tidak dinikmati secara gratis oleh Negara asing, bahkan Negara kita jauh lebih membutuhkan untuk menunjang perekonomian masyarakat Indonesia.

2. Menyelenggarakan perusahaan pelayaran

Dalam penyelenggaraan perusahaan pelayaran di Indonesia harus melewati beberapa tahapan agar perusahaan tersebut mendapatkan izin resmi. Di Indonesia sendiri tersedia tiga badan yang akan memberikan sebuah perusahaan mendapatkan izin usahanya diantaranya badan hukum di Indonesia berupa badan usaha swasta, badan usaha milik Negara/daerah dan BUMD.

Kita harus mengetahui dua pengembangan usaha dalam bidang pelayaran berdasarkan jenisnya yang pertama pelayaran berdasarkan wilayah meliputi pelayaran lokal, pantai dan pelayaran samudra. Yang kedua pelayaran usaha meliputi linier, service, dan pelayaran global. Hal ini di lakukan untuk membedakan jenis muatan yang sedang di selenggarakan di pelabuhan untuk fasilitas yang didapatkan sesuai dengan pelayaran.

3. Pihak-pihak yang terkait dalam kegiatan pelayaran niaga

Sebuah perusahaan pelayaran di Indonesia harus menaati peraturan hukum agar saat melakukan pelayaran dalam rangka pengiriman barang, mengangkut barang dan penerimaan barang dapat berjalan sukses sesuai dengan target & ketentuan, di Indonesia sendiri masih banyak orang yang melakukan pelayaran yang melanggar hukum, hal ini karena kekuatan hukum di Indonesia sendiri masih lemah hal ini di sebabkan adanya para oknum yang memanfaatkan untuk meraup pundi-pundi rupiah.

Sebenarnya peraturan pelayaran sendiri sudah di atur dalam undang-undang, namun ada pihak-pihak yang yang tidak berhubungan dengan hukum, namun pihak tersebut juga berperan penting dalam dunia pelayaran diantaranya, ekspeditur, perusahaan pergudangan, perusahaan yang melakukan bongkar muatan, dan sebuah lembaga transportasi yang bergerak dalam jasa pelayaran.

4. Perkembangan pelayaran internasional

Untuk mengetahui lebih dalam bidang pelayaran internasional anda harus memahami perkembangan berikut ini:
- Pertama perkumpulan atau asosiasi sesama perusahaan yang melalaui sebuah trayek agar melakukan pelayaran dapat berjalan dengan lancar.

- Kedua kerja sama antara dua buah perusahaan pelayaran yang sudah terkenal secara internasional, baik berupa pengangkutan dan pemakaian fasilitas masing-masing pada perusahaan, hal ini diberikan untuk memberikan rasa nyaman dan lebih percaya untuk menggunakan jasa pelayarannya kembali.

- Ketiga sebuah perusahaan pelayaran yang bergerak dalam bidang jasa pengangkutan atau jasa, biasanya seseorang yang menggunakan jasa pelayaran ini untuk mengangkut barang contohnya dalam usaha bisnis impor ekspor. Jadi para pebisnis bisanya menggunakan jalur laut untuk memperlancar dunia bisnisnya, hal ini dilakukan karena jalur laut lebih menjangkau daerah-daerah terpencil, karena jalur darat akan memakan waktu dua kali lipat dari pada jalur laut.

- Yang keempat perusahaan yang mengoperasikan dalam bidang pelayaran & perkapalan, biasanya perusahaan ini menjalankan kapal-kapal mereka bisa kapan saja atau bisa dibilang waktu singgah pelabuhan tidak teratur.

Untuk anda yang berminat untuk melamar di perusahaan pelayaran,terlebih khusus sebagai pelayar, anda harus menyiapkan fisik dan mental yang kuat untuk bertahan dari cuaca buruk, angin laut yang bisa berubah-ubah, anda juga harus siap tidak pulang berbulan-bulan dan tidak bertemu dengan keluarga, demikianlah ulasan mengenai perusahaan pelayaran di Indonesia, semoga dapat bermanfaat.