Persiapan Masuk Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Untuk bisa masuk ke sekolah tinggi ilmu pelayaran Jakarta tentu tidak sembarangan orang bisa masuk. Ada serangkaian tes dan pertimbangan khusus yang dilakukan untuk memilih calon taruna-taruni (siswa-siswi) yang memang cocok dan siap ditempa menjadi seorang yang masuk dalam dunia pelayaran. Bisa diperkirakan bahwa bidang pelayaran ini tentu bukan hal mudah untuk dijalankan tetapi membutuhkan kesiapan yang matang.

Persiapan Biaya Masuk

Setiap sekolah tinggi ilmu pelayaran di Jakarta maupun di tempat lain tentu memiliki jumlah biaya yang berbeda-beda untuk dibayarkan para siswanya. Maka anda perlu memperhatikan informasi ini dengan baik sebelum memilih sekolah tinggi yang akan dimasuki, sehingga akan ada persiapan lebih untuk biaya awal yang dibutuhkan untuk dibayarkan pada sekolah tinggi tersebut setelah lulus semua tes yang diberikan.

Bersiap Untuk Tes Akademi

Tahap awal seleksi yang dilakukan untuk penerimaan siswa ilmu pelayaran adalah tes akademi. Dalam hal ini biasanya yang diujikan adalah pelajaran IPA, Bahasa Inggris dan matematika sebagai dasar pertimbangan nilai untuk bisa melihat kemampuan akademi siswa. Untuk melatih kemampuan maka sebaiknya cari contoh soal di tahun sebelumnya pada sekolah tinggi tersebut untuk dipelajari karena memang dari tahun ke tahun soal yang diberikan juga hampir sama.

Mengetahui Syarat Masuk STIP Jakarta

Mempersiapkan Diri Secara Fisik dan Mental

Tes fisik sudah pasti menjadi agenda wajib dalam seleksi penerimaan siswa di sekolah ilmu pelayaran. Selama ini tes fisik yang diberikan adalah push up, pull up, sit up dan keliling lapangan bola sebanyak 7 kali. Tentu semua tes fisik tersebut harus diselesaikan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Maka jika anda tidak melatih atau mempersiapkan fisik dari jauh-jauh hari tentu akan sulit untuk melalui tes fisik yang cukup berat ini. Selain itu, pendidikan di sekolah tinggi pelayaran tentu menerapkan sistem semi militer, sehingga mental anda juga harus kuat dan keras. Kedisiplinan, kesiapan dan cepat tanggap adalah hal yang harus ditanamkan dalam diri para siswa agar bisa menghadapi pendidikan yang cukup berat di sekolah tinggi tersebut. Untuk persiapan fisik bisa dilakukan setiap hari dengan porsi yang ditambah secara bertahap, sehingga pada saat tes fisik anda sudah siap secara kekuatan fisik yang optimal.

Tes Kesehatan Wajib

Tes kesehatan sudah pasti akan menjadi bagian dari tes untuk melihat apakah secara kesehatan keseluruhan sudah memenuhi syarat yang ditentukan oleh sekolah tinggi ilmu pelayaran tersebut. Pada tahap ini ada beberapa hal yang biasanya membuat calon sisa gagal lolos seleksi yaitu menggunakan obat-obatan terlarang, ada gangguan pendengaran atau buta warna baik sebagian atau total. Beberapa serangkaian tes kesehatan lainnya yang dilakukan adalah cek keseluruhan bagian badan, tensi, tes detak jantung, x-ray, mengambil sampel darah, serta pemeriksaan bagian gigi, telinga sampai mata.

Tes Wawancara Sebagai Pelengkap

Saat tes wawancara maka calon siswa akan diberikan berbagai pertanyaan dalam Bahasa Inggris untuk melihat seberapa jauh kemampuan anda dalam berbahasa. Maka untuk itu perlu persiapan melakukan percakapan dalam Bahasa Inggris agar lebih lancar saat melakukan wawancara karena meskipun pandai menggunakan Bahasa Inggris tetapi ketika grogi dan justru tidak percaya diri maka penilaiannya juga akan berkurang. Pihak penguji akan melihat seberapa tinggi tingkat kepercayaan diri anda serta keberanian untuk mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran masing-masing. Tentu adanya kedua hal tersebut akan menjadi nilai tambah meskipun Bahasa Inggris yang digunakan tidak terlalu optimal.

Mempersiapkan diri sematang mungkin tentu adalah hal yang memang penting untuk dilakukan sejak jauh-jauh hari. Setiap tes akan ikut menjadi pertimbangan apakah anda siap untuk masuk ke sekolah tinggi ilmu pelayaran atau tidak. Jika kesiapan diri mulai dari ilmu pengetahuan, fisik, mental, hingga kesehatan sudah baik maka akan lebih ringan untuk menghadapi kerasnya pendidikan setelah masuk ke asrama sekolah tinggi tersebut. Maka cobalah untuk mencari informasi sebanyak mungkin terkait tes-tes seleksi yang diberikan untuk bisa lebih mempersiapkan diri lagi sebelum menjalani seleksi itu di sekolah tinggi ilmu pelayaran Jakarta.