Bagian Mesin - Engineering Department

Bagian Mesin - Engineering Department: Setelah sebelumnya telah kita ketahui struktur organisasi kapal Bagian Dek yang dijelaskan secara jelas padat singkat pada artikel Bagian Dek - Deck Department dimana tulisan tsb juga merupakan sambungan topik utama tentang Pelaut Adalah tulisan dengan topik terkait ini merupakan sambungan artikel tersebut yaitu mengenai Bagian Mesin atau Engineering Department.

Bagian Teknik Mesin kapal.

Sebelum kita urai struktur organisasi kapal bagian mesin ada baiknya kami jelaskan sedikit mengenai Bagian Mesin Kapal ini sebagai perbendaharaan pengetahuan sobat atau barangkali diantara sobat ada yang bercita-cita ingin menjadi enginer perkapalan yang adalah salah satu dari sekian Jobs Pelaut yang mengasyikan sekaligus menjanjikan karena sudah banyak para engineering kapal telah berhasil dengan pekerjaan ini.
Jika bagian dek merupakan bagian Nautik maka bagian mesin adalah bagian Teknik dimana fungsi bagian ini adalah menangani seluruh permesinan diatas kapal termasuk mengoperasikan dan memelihara tenaga penggerak kapal yaitu mesin dan sistem lain di atas kapal. pada jenis kapal pesiar contohnya, para Engineer menangani fasilitas hotel di kapal termasuk sistem pembuangan limbah, penerangan, pendingin udara dan sistem air. menangani bahan bakar minyak kapal, perhitungan pemakain BBM, sistem bunker khusus pemakaian BBM oleh tenaga penggerak,engine consumption. Perawatan sistem teknika. Para masinis juga memainkan peran penting dalam sistem keselamatan cargo.
Para masinis diwajibkan memiliki keterampilan khusus seperti keterampilan pemadam kebakaran (AFF - Advance Fire Fighting) dan keterampilan pertolongan pertama pada kecelakaan (MFA - Medical first Aid). Mengenai sertifikasi pelaut akan kami bahas pada topik lain.
Demikian sedikit pengetahuan tentang pelaut Bagian Mesin atau Bagian Permesinan Kapal.
Bagian Teknik Mesin Kapal

Struktur keanggotaan Bagian Mesin Kapal

Langsung saja struktur organisasi keanggotaan Bagian Teknik Mesin kapal dibawah ini  sudah mencakup petugas kelistrikan yang biasa disebut ETO. Berikut selengkapnya:

Perwira Bagian Mesin

  • Kepala Kamar Mesin / KKM (Chief Engineer). adalah kepala atau pimpinan tertinggi bagian mesin diatas kapal. pemegang kepemimpinan secara keseuruhan pada engine department ini, beliau bertanggung jawab terhadap semua operasi dan pemeliharaan berkaitan dengan semua peralatan teknik di kapal, dan mengawasi semua perwira mesin beserta rating nya.
  • Masinis 1 (First Engineer). Ingat, pada beberapa kapal niaga memberi penamaan berbeda pada Masinis 1 khususnya istilah dalam bahasa inggris dimana sebagian menggunakan Second Engineer (2nd eng) untuk Masinis 1, yangmana penamaan ini merujuk pada pemangku jabatan yang sama yaitu orang kedua atau pemegang komando kedua di bagian mesin kapal setelah KKM. Untuk itu diperjelas bahwa pada sebagian kapal tsb Second Engineer sama dengan Masinis 1. Tugas tanggung jawab beliau mengawasi pemeliharaan harian dan pengoperasian di engine departemen, bertanggung jawab penuh terhadap Main Engine atau mesin induk kapal. beliau bertanggung jawab kepada KKM.
  • Masinis 2 (Third Eng / Second Assistant Engineer). Nah,so pada kapal yang memakai Second Engineer sebagai masinis 1 seperti pada kasus diatas tentu saja berbeda dengan yang memakainya sebagai Masinis 2. Masinis 2 lebih tepatnya disebut Second Assistant Engineer. Masinis dua memiliki tugas dan tanggug jawab terhadap sistem pendingin,boiler,kondensor, bertanggung jawab penuh terhadap semua auxiliary engine (mesin bantu). Merupakan perwira mesin senior ketiga diatas kapal.
  • Masinis 3 (Fourth Eng / Third Assistant Engineer). Sama dengan diatas pada struktur perwira mesin di kapal beliau disebut "3rd atau 4th", tergantung. namun pada umumnya merupakan perwira mesin yang paling junior di kapal, beliau biasanya bertanggung jawab untuk kelistrikan, mesin pompa, pengolahan limbah, minyak pelumas (0li), dan sistem pemisahan air berminyak oil water separation (ows). terkadang membantu mualim 3 dalam perawatan sistem pengoperasian sekoci.
  • Perwira kelistrikan / Juru Listrik (Electro Technical Officer -ETO / Electrician). Meski tidak semua kapal memakai juru listrik dimana sistem kelistrikan ditangani langsug para masinis, namun pada sebagian kapal modern conntohnya kapal-kapal offshore degan sistem DP menggunakan ETO ini. Dianatara tugasnya berupa perawatan listrik & elektronik, perbaikan, diagnosis, instalasi & pengujian dsb. Bertanggung jawab terhadap sistem kelistrikan di kapal. juru listrik biasanya bekerja dibawah arahan langsung KKM. pada jenis kapal modern tertentu para ETO memiliki tingkatan/rank misalnya ETO 1, ETO 2 dst. 
Engnie Cadet / Kadet. Seperti kadet dek, kadet mesin adalah taruna magang diatas kapal sesuai ketentuan lembaga pendidikan mereka masing-masing. Mereka bisa saja calon perwira yang sedang melakukan PraLa. Tugas utama mereka adalah belajar,praktek langsung diatas kapal,mengikuti arahan para perwira mesin,membatu mandor dalam pekerjaan.

Bawahan / Ratings Bagian Mesin

  • Motorman. Motorman ini sebenarnya seorang teknikal yang memiliki ciri khas skill unik. beliau dikenal sebagai rating senior di ruang mesin kapal. Motorman melakukan berbagai tugas yang berhubungan dengan pemeliharaan & perbaikan ruang mesin, ruang pemadam kebakaran,ruang mesin pendingin, peralatan ruang mesin kemudi, memeriksa peralatan seperti pompa, turbin, kondensor, perawatan peralatan seperti generator, sistem kemudi, sekoci, dan sistem pembuangan limbah dll. Namun pada kebanyakan kapal tugas motorman dapat diperankan oleh masinis yang memiliki skill motorman.
  • Mandor (Foreman). Bertugas sebagai kepala kerja yang membawahi ratings bagian teknik mesin seperti oiler,wiper,welder. Beliau bertanggug jawab kepada perwira mesin.
  • Juru Minyak (Oiler / Greaser). Bertugas membantu para perwira dalam pekerjaan. mengisi minyak pelumas,mengontrol komponen mesin,mengontrol oli mesin,menjalankan tugas jaga pelayaran.
  • Wiper. Wiper adalah rank paling junior di bagian mesin. diantara tugasnya membersihkan ruang mesin,pembersihan mesin, membantu para perwira sesuai arahan.
Demikian sedikit gambaran terperinci mengenai struktur organisasi bagian mesin kapal.