Bagian Dek - Deck Department

Pada halaman sebelumnya telah dijabarkan secara singkat padat jelas mengenai pengertian pelaut apa itu pelaut yaitu dalam artikel pelaut adalah, definisi pelaut. Sobat pelaut bisa menemukan pada tulisan itu pula sekaligus mengenai sejarah pelaut dan struktur organisasi kapal.
Dan pada halaman ini kita hanya menguaraikan sedikit mengenai struktur organisasi kapal bagian dek yang melibatkan Perwira Dek beserta para crew lain yakni para Mualim Pelayaran, Operator radio, Bosun, AB, Carpenter, dan Deck Cadet berikut tugasnya masing-masing.

Bagian Deck (Deck Department)

Para petugas bagian Dek atau deck department dibawah ini sudah termasuk bagian Radio komunikasi yang diperhitungkan masuk pada kategori ini, mengingat kebanyakan para mualim pelayaran modern ini sudah dibekali Sertifikat Operator Radio yang akan kita jelaskan pada kategotri ini.
Vessel organisation

Perwira Deck

  • Mualim 1 (Chief officer / Chief mate). Adalah perwira pertama, second commander, beliau mengepalai seluruh bagian dek, pengatur navigasi pelayaran, bertanggung jawab terhadap muatan,crew kapal,persediaan makanan, beliau bertanggung jawab kepada nahkoda untuk keselamatan dan keamanan kapal termasuk kesejahteraan awak dan pelatihan di bidang-bidang seperti keselamatan, pemadam kebakaran, pencarian dan penyelamatan dll. Tugas C/O sungguh besar.
  • Mualim 2 (2nd Officer / 2nd mate). Adalah perwira kedua, third commander, diantara tugas-tugasnya adalah membuat rute pelayaran, membantu mengatur arah navigasi, sebagai perwira jaga.
  • Mualim 3 (3rd Officer / 3rd Mate). Adalah perwira ketiga, fourth commander, diantara tugas uatamanya ialah bertanggung jawab terhadap alat-alat seperti peralatan pemadam kebakaran, sekoci, dan berbagai sistem darurat lainnya, membuat list inventaris kapal secara berkala jika ada perubahan penambahan atau pengurangan inventaris, sebagai perwira jaga, membantu mengatur navigasi.
  • Markonis (Radio Operator / Spark). Adalah petugas radio komunikasi yang bertugas sebagai operator radio, memancarakan dan menerima panggilan, bertanggung jawab membantu menjaga keselamatan kapal dan pelayaran melalui alat komunikasi diatas kapal, menyiarkan informasi melalui radio apabila kapal mengalami emergency. dapat juga membantu meneruskan pesan-pesan dari kapal lain yang sedang dalam keadaan darurat atau marabahaya seperti kapal bertabrakan, tenggelam, kebakaran, dll.
    Perlu diketahui bahwa seiring perkembangan teknologi modern berkembang pula peralatan navigasi dan komunikasi kapal yang lebih canggih dan modern seperti INMARSAT, GMDSS (Global Maritime Distress and Safety System), bahkan Telepon Satelit. Peran markonis pun berlahan tergantikan oleh para mualim dimana para perwira dek itu diberi kewenangan sekaligus sebagai radio operator. Bahkan semenjak Amandemen STCW manila 2010 bagi perwira pemegang ijazah Level Manejemen (Management Level) di wajibkan memiliki sertifikat GMDSS seperti ROC GMDSS (Restricted Operator's Certificate for GMDSS), dan pada tingkatan selanjutnya GOC GMDSS (General Operator's Certificate for GMDSS) atau lebih dikenal dengan nama ORU. Mengenai certificates akan kami bahas pada halaman lain.
Deck Cadet / Kadet. Adalah taruna magang di atas kapal sesuai ketentuan lembaga pendidikan mereka masing-masing. Mereka bisa saja calon perwira yang sedang melakukan PraLa. Tugas utama mereka adalah belajar,praktek langsung diatas kapal, so kerjaan mereka bisa apa saja sesuai arahan mualim 1 dan para mualim lainya. Pada masa awal mereka hanya diperkenankan untuk mengamati memperhatikan cara kerja para crew kapal,pada tahap lanjutan mulai di tugaskan menjaga kebersihan kapal seperti menyapu,ngepel, bahkan sampai ciping & ngecat kapal. Membantu mualim dalam pemeliharaan alat-alat keselamatan,alat pemadam kebakaran,sampai belajar bernavigasi karena mereka adalah para calon perwira.

Bawahan atau Ratings

  • Bosun (Serang / Boatswain). Nah ini dia satu Awak Kapal rating senior bagian dek yang bertanggung jawab diantaranya pada komponen badan kapal seperti lambung kapal, manhole, perawatan pengecatan kapal, perawatan komponen jangkar,dsb. Bosun ini adalah kepala kerja, ia membawahi para ABK seperti kelasi, beliau adalah ABK - Anak Buah Bapal senior non-perwira yang tidak dibebankan tugas jaga pelayaran atau watchkeeping officer, pada beberapa type kapal ada tugas-tugas lain yang diemban bosun ini.tergantung jenis kapal dan faktor lain sebagainya.
  • AB/Juru Mudi (Able-bodied Seaman / Helmsman / Stearman). Awak kapal rating yang secara umum tugasnya termasuk juga membantu bosun dalam perawatan kapal jika dimungkinkan, membantu mualim dalam pelayaran sebagai Juru Kemudi, menjaga setir mengikuti kompas atau pedoman,trek gps,rute dsb agar haluan kapal tetap lurus ketika kapal sedang berlayar. Sertifikasi dan kualifikasi ratings di Indonesia yang dulunya bernama ANTD dibelah menjadi dua setelah konfrensi IMO (International Maritime Organisation) di Manila 2010 silam dimana yang satu untuk AB, satunya lagi untuk Kelasi.
  • Kelasi (Ordinary Seaman / ABK non Jurumudi). Awak kapal rating yang tugasnya cukup banyak ya termasuk bersih-kapal,pengecatan,dll dibawah kendali bosun dan mualim, bertugas membantu bosun dalam melaksanakan pekerjaan seperti disebutkan dalam tugas-tugas bosun diatas. Kelasi meski tidak diwajibkan mengemudikan kapal seperti Juru Mudi namun wajib lulus pelatihan dan ujian keterampilan Watchstanding termasuk juru kemudi sesuai STCW. Sertifikasi dan kualifikasi untuk Kelasi setelah IMO 2010 bernama Rating forming Part of a Navigational Watch (RFPNW). Mengenai sertifikasi dan kualifikasi ini akan kami bahas pada artikel tersendiri.
  • Tukang (Tukang kayu / Carpenter). Barangkali pada anggapan anda ini agak nyeleneh, di kapal kok pake tukang kayu segala emange ini gerobak po? atau buat bangun dego-dego? tunggu dulu, sebenarnya Tukang ini adalah warisan kapal-kapal tradisional, kapal jadul yang tidak bermesin terbuat dari kayu wajib ada Tukang, sampai kapal tenaga turbin uap juga memakai carpenter ini dan terus terwarisi ke banyak kapal modern, terutama kapal pesiar. Secara tugas-tugasnya pasti anda sudah paham atau mungkin lebih paham selaku pembuat gerobak & dego-dego.
Demikianlah sekilas tentang pelaut dan organisasi kapal khususnya Deck Department, selanjutnya department lainnya akan kami bahas pada halaman sebelah.

Jika ada tambahan, saran, koreksi,dari sobat pelaut silahkan tinggalkan komentar.
Atau mungkin rekan-rekan pembaca juga ingin menambahkan sesuatu terutama rekan-rekan yang mahir membuat dego-dego, tidak usah sungkan ke sesama bisa membuat dego". 😜✌