7 Referensi Sekolah Pelayaran di Indonesia

Apakah Anda memiliki cita-cita ingin menjadi seorang pelaut seperti nenek moyang Indonesia? Jika iya, maka 7 referensi sekolah pelayaran di Indonesia berikut ini dapat membantu Anda untuk menemukan sekolah pelayaran yang tepat dan terbaik.

Referensi Sekolah Pelayaran di Indonesia
Indonesia memiliki letak geografis yang dikelilingi oleh lautan sehingga disebut sebagai negara maritim. Sebutan tersebut yang membuat banyaknya sekolah pelayaran yang didirikan di Indonesia. Karir di bidang kelautan sangat menjanjikan sehingga banyak orang memilih sekolah pelayaran sebagai jembatan untuk mencapai kesuksesan.

Referensi Sekolah Pelayaran di Indonesia

Berikut daftar terekomendasi 7 sekolah pelayaran di indonesia yang bisa anda jadikan referensi.

1. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Sekolah pelayaran yang satu ini berlokasi tepat di Ibu kota Negara Indonesia yakni Jakarta. Sekolah ini berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Taruna dan taruni yang sekolah di sini sebelumnya harus menjalani pendidikan dalam waktu empat belas semester. STIP juga dikenal sebagai sekolah tinggi pelayaran tertua yang ada di Indonesia. Semua program studi yang ada di STIP Jakarta terakreditasi A. Hingga saat ini diketahui pelaut yang merupakan alumni STIP Jakarta semakin berjaya dengan bekerja di kapal MOL, Jepang.

2. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Sekolah maritim terbaik di Jawa Tengah yakni Politeknik Pelayaran Semarang yang berada dibawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. siswa sekolah ini dididik untuk menjadi Perwira Pelayaran Besar dan Tenaga Ahli Kepelabuhan untuk memenuhi armada angkutan laut pada beberapa sub sektor perhubungan laut. Program studi yang tersedia adalah nautika, teknika, Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK). Alumni dari sekolah maritim ini telah banyak yang sukses sebagai Aparatur Sipil Negara, kemenhub, Bea Cukai, BUMN – Pertamina dan lain sebagainya.

3. Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar atau PIP beralamat di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sekolah ini juga masih berada di bawah naungan Departemen Perhubungan Republik Indonesia yang berdiri pada tahun 1921. PIP Makassar pernah berganti nama beberapa kali, saat awal berdiri sekolah tersebut diberi nama Sekolah Pelayaran Dasar (Merchant Marine School), kemudian nama tersebut diubah menjadi Sekolah Pelayaran Sulawesi (Sulawesi Merchant Marine School) berlaku dari tahun 1947 hingga 1964.
Saat ini diketahui bahwa banyak dari alumni Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar yang sukses di kantor pemerintahan dan BUMN. Hal itulah yang membawa PIP berjaya dan masuk dalam kategori sekolah pelayaran di Indonesia terbaik.

4. Politeknik Pelayaran Surabaya (PIP Surabaya)

Beberapa tahun lalu sekolah ini dikenal dengan nama BP2IP Surabaya, kini berubah jadi PIP Surabaya. Ada tiga program studi yang bisa dipilih dengan jenjang D3 yaitu elektro pelayaran, nautika dan teknika yang memiliki tujuan menjadi pusat pendidikan transportasi laut bertaraf nasional. Berbagai fasilitas dan kegiatan penunjang lainnya diberikan demi memaksimalkan hasil pendidikan yang didapatkan oleh masing-masing siswa.

Baca juga: Sekolah Pelayaran Terbaik di Indonesia

5. Akademi Maritim Cirebon

Akademi Maritim Cirebon menjadi salah satu sekolah yang bergerak di bidang pelayaran terbaik di Jawa Barat. Letak sekolah pelayaran yang berdiri sejak 1986 ini tidak jauh dari Pelabuhan Cirebon. Program studi yang ada di Akademi Maritim Cirebon ini adalah nautika, teknika dan ketatalaksanaan pelayaran niaga. Siswa yang lulus dari sekolah menengah di sini akan mendapatkan pelatihan dan didikan untuk menjadi seorang Perwira Pelayaran Besar dengan keahlian di bidang ahli teknika, nautika dan ahli ketatalaksanaan pelayaran niaga serta kepelabuhan. Lulusan sekolah maritim dapat dikatakan terbaik karena siap pakai dalam waktu singkat.

6. Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Tangerang

Tangerang juga memiliki sekolah pelayaran yakni Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP). Sekolah yang diresmikan pada tanggal 27 Oktober 2004 oleh Presiden Megawati ini berada  di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Perhubungan. Jurusan yang tersedia yakni bidang nautika dan teknika dengan akreditasi B. Taruna taruni di sana akan mendapatkan beragam fasilitas pendukung seperti simulator, ruang belajar, laboratorium, perpustakaan dan fasilitas lainnya.

7. Akademi Maritim Nusantara Cilacap

Sekolah pelayaran selanjutnya adalah Akademi Maritim Nusantara yang berada di Kabupaten Cilacap. Bangunan gedung sekolah ini jika dilihat dari kejauhan tampak seperti sebuah kapal. Sekolah maritim yang satu ini mengklaim dirinya sebagai yang paling murah di Indonesia. Hal ini dikarenakan biaya yang dihabiskan per mahasiswa untuk lulus diploma tiga hanya Rp 22 Juta. Untuk mengambil kuliah profesi biaya yang dihabiskan kurang lebih sama dengan sekolah martom lainnya.

Demikianlah uraian mengenai 7 sekolah pelayaran di Indonesia yang terbaik. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang ragu untuk memilih sekolah pelayaran manakah yang terbaik.