Pelaut Adalah - Definisi Pelaut

Pelaut adalah - Definisi Pelaut: Apa itu Pelaut - Pertanyaan ini mungkin hanya berlaku bagi orang yang benar-benar awam ya, kami kira demikian. Secara kata "PeLaut" itu cukup clear bukan suatu istilah yang unrelated dengan kata dasar dalam kosa katanya, ia hanya terdiri dari satu kata yang tentu saja sangat familiar bagi umum bahkan bagi seorang anak TK sekalipun yaitu "Laut" yang ditambahkan afiks prefiks atau awalan 'pe' sehingga menjadi Pelaut, dimana kata ini mengindikasikan bahwa yaitu mereka yang beraktifitas di laut.

Pelaut adalah setiap orang yang kerjanya berlayar di laut (sungai,atau bahkan danau). atau dapat juga berarti setiap orang yang melakukan pekerjaan (rutin) di laut. Begitulah term singkat mengenai pelaut secara umum yaitu mereka yang melakukan aktifitas di laut. Pada dasarnya Pelaut tidak terbatas pada orang-orang yang bekerja diatas kapal lazimnya yang kita kenal sebagai Pelaut melainkan setiap mereka yang melakukan kegiatan pekerjaan rutin diatas laut termasuk nelayan. Begitulah kira'kira jika di telisik dari sejarah awal mula pelaut.

Namun pandangan orang pada umumnya lebih mengenal pelaut sebagai seorang pekerja kapal atau mereka yang melakukan kegiatan berlayar. Pandangan ini wajar saja karena kemungkinan para pekerja kapal lebih popular sebagai pelaut atau lebih tepat menyandang status Pelaut ini.
Di negara-negara yang berbahasa inggris seperti britania dan amerika juga dikenal beberapa istilah untuk pelaut ini seperti sailor, seaman, mariner, atau seafarer. Jika anda menterjemahkan kata-kata ini kedalam bahasa indonesia menggunakan penerjemah google hasilnya akan sama yaitu "Pelaut", yang merujuk kepada orang yang bernavigasi diatas kapal yang dijalankan diatas air atau mereka yang dipekerjakan sebagai Awak Kapal dalam pengoperasian dan pemeliharaan kapal.

Sejarah Pelaut

Wah, kalo bicara soal sejarah pelaut bagaimana awal mula pelaut itu sendiri sepertinya tidak bisa dipastikan dengan tepat. Namun disini kami tidaklah membahas panjang lebar mengenai sejarah pelaut ini akan tetapi sekilas saja. Asal mula pelaut tentu saja tak lepas dari awal mula ditemukannya sarana air yang dipergunakan sebagai alat berkegiatan diatas air, bisa perahu atau rakit. Bangsa-bangsa kuno di sekitaran laut tengah adalah bangsa yang dikenal sebagai asal mula pelaut yang melakukan aktifitas diatas air menggunakan perahu. Bangsa Funisia, Mesir, dan Yunani kuno zaman batu adalah bangsa pelaut mula-mula seperti yang dicatat sejarah.

Bangsa Funisia (Fenisia) seputaran kanaan (sekarang Lebanon) terkenal sebagai penguasa laut tengah berkat kapal-kapal (perahu) dan para pelautnya yang hebat bahkan diyakini sebagai bangsa pertama yang menyebrangi lautan menggunakan kapal mereka,untuk kegiatan seperti berdagang ke bangsa lain disekitarnya. Bangsa ini juga terkenal dengan kayu Aras yang juga dipakai sebagai konstruksi bermacam properti juga oleh bangsa lain disekitarnya seperti Israel yang istana rajanya (Daud) berproperti kayu aras ini. Seiring perkembangannya bangsa mesir banyak meniru bangsa funisia dalam pembuatan kapal.
Salah satu pelabuhan terkenal bangsa ini adalah pelabuhan Tirus sebuah kota pelabuhan di barat Kanaan yang merupakan kota pelabuhan utama fenisia. Tidak diketahui kapan tepatnya kota pelabuhan itu berdiri, ditemukannya kota ini diperkirakan sekitar tahun 2750 SM menurut catatan sejarahwan yunani terkenal Herodotus. namun kota ini disebutkan pertama kali kira-kira 1467 SM seperti yang dicatat oleh salah buku suci umat beragama dan diperkuat penemuan arkeologi.

Terlepas dari ketiga bangsa kuno yang digadang-gadang sebagai sejarah awal mula pelaut dan kapal, adalah di zaman batu tua, Bangsa Sumeria di lembah Mesopotamia. Menurut kami bangsa ini adalah bangsa yang pertama kali menemukan perahu/rakit (cikal bakal kapal) plus operatornya-cikal bakal pelaut mengingat bangsa yang tercatat sebagai awal mula peradaban ini terletak di bentaran dua sungai besar di lembah mesopotamia yaitu sungai Efrat & Tigris. Dan sudah barang tentu para manusia kuno ini akan menggunakan suatu sarana untuk dipakai sebagai alat beraktifitas di air.
Berikut yang menjadi kebanggaan adalah indonesia sebagai negara maritim yang nenek moyangnya adalah pelaut. Indonesia adalah negara bahari terbesar. Begitulah kira2 Sejarah Pelaut secara singkat padat jelas.
Pelaut adalah

Organisasi Kapal pelaut profesional: bagian, kepangkatan (rank) berikut tugas dan tanggung jawab

Setelah puas dengan Definisi Pelaut serta sejarahnya diatas kita masuk ke pelaut modern alias pelaut zaman now.
Pelaut profesional memiliki berbagai bagian, pangkat, dan masing-masing memiliki tanggung jawab unik yang merupakan bagian integral dari keberhasilan pengoperasian kapal laut. Awak kapal umumnya dapat dibagi menjadi 4 kategori atau bagian utama selain pimpinan tertinggi (Nahkoda).
  • Bagian Dek (Deck departmen)
  • Bagian Permesinan/Teknik (Engineering department)
  • Bagian Radio (Radio Dept)
  • Bagian Pramugara (Steward's)
Berikut department diatas kapal yang kami rangkum dibawah ini dengan Nahkoda sebagai pengkhususan.
Nahkoda (Kapten atau Master). Pemimpin, pemegang komando dan penanggung jawab tertinggi diatas kapal secara keseluruhan department dek maupun permesinan. Beliau adalah pimpinan pelayaran. Keberhasilan sebuah pelayaran adalah tanggung jawab Nahkoda. Beliau sebagai jaksa,hakim diatas kapal yang juga behak dan kewajiban mencatat peristiwa-peristiwa penting yang terjadi diatas kapal seperti kelahiran,penanganan perkara dll. Mengenai tugas dan tanggung jawab nahkoda secara menyeluruh akan kita jelaskan pada bab terpisah.

Selanjutnya department atau bagian lainya seperti bagian dek silahkan baca disini. Pada halaman itu sobat akan mengetahui struktur organisasi kapal bagian dek, para pemegang jabatan beserta fungsi dan tugas masing-masing mulai dari perwira hingga ABK lain seperti carpenter dan dek cadet. Mereka semua adalah Pelaut.